Penulis: Fisabillilah Sophyan Prayogo
Editor: La’ali Nur Haya Muthi’ah
Foto: Fisabillilah Sophyan Prayogo/GetInfoo

Halo, sobat GetInfoo, masih bingung cara mengatasi bulu kucing yang sering rontok karena kutu dan jamur?

Sobat GetInfoo yang suka pelihara kucing, kali ini kita akan sama-sama belajar cara merawat bulu kucing agar tetap sehat, sebelum kita bahas ke tips-tips merawat bulu kucing ada baiknya kita melihat kesehatan kucing terlebih dahulu, karena bulu kucing yang sering rontok tidak hanya dari kutu hewan, tetapi bisa juga dari kesehatan kucing, terlebih jika kucing saat stres dan kurang vitamin biasanya kucing lebih sering murung dan kurang aktif.
Lalu tips apa saja untuk merawat bulu kucing dari kutu dan jamur?

  1. Sampo Khusus Kucing
    Cara pertama menghilangkan kutu kucing yaitu memandikan kucing dengan sampo khusus. Sampo untuk kucing tentunya berbeda dengan sampo yang biasa kita gunakan karena ada bahan kimia yang tidak seharusnya digunakan untuk bulu kucing. Banyak jenis sampo yang dapat digunakan untuk mengatasi kutu, jamur, dan kotoran lainnya, salah satu sampo yang recomend adalah “Luvies”, sampo khusus kucing ini biasa dijual di pet shop dengan harga terjangkau.
  2. Pakai Obat Kutu
    Cara ini bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan kucing tak perlu dibawa ke dokter hewan. Salah satu obat kutu kucing yang cukup direkomendasikan yaitu Fluffy Cat, Effipro Cat, Detick, dan Advocate Cat.
  3. Olesi Minyak Telon
    Punya minyak telon di rumah? minyak telon juga bisa menghilangkan kutu kucing secara ampuh.
    Minyak telon sangat praktis untuk dijadikan obat kutu kucing karena kandungan yang ada di dalamnya. Cara penggunaannya, tinggal oleskan langsung minyak telon ke area tubuh kucing yang menjadi sarang kutu kucing. Tapi jangan sampai kebanyakan, agar kucing tidak merasa risih dan tidak dijilat si kucing.
  4. Semprotkan Air Cuka
    Obat kutu kucing selanjutnya yang cukup efektif dan mudah didapatkan yaitu air cuka. Cara menghilangkan kutu kucing dengan air cuka, kamu hanya perlu membuatnya dari campuran air cuka dan air biasa dengan komposisi 50:50. Campuran tersebut kemudian dimasak dengan api sedang. Diamkan campuran air itu hingga dingin setelah itu tinggal digunakan sebagai semprotan untuk kucing.
  5. Air Lemon
    Cara menghilangkan kutu kucing secara efektif juga bisa dilakukan dengan air perasan lemon. Kamu perlu menyiapkan 1 buah lemon berukuran sedang lalu dipotong jadi empat bagian kemudian campurkan ke air mendidih. Setelah itu, diamkan semalaman baru kemudian disaring lalu bisa digunakan sebagai bahan semprotan untuk menghilangkan kutu kucing.
  6. Bilas dengan Air Garam
    Garam untuk penyedap makanan ternyata bisa dijadikan obat kutu kucing. Kandungan dari air garam dapat menghilangkan kutu kucing dan juga memberantas telur kutu. Caranya cukup larutkan garam dengan air hangat kemudian gunakan untuk merendam atau membilas kucing. Pastikan air jangan sampai terlalu panas dan terlalu banyak ya, agar tidak membuat kucing tersiksa.
  7. Vaksin kucing (suntik streril)
    Rutin suntik vaksin atau suntik steril juga salah satu cara untuk merawat bulu dan kesehatan kucing. Ada berbagai jenis vaksin yang biasanya dipakai, dari mulai vaksin anti jamur, vaksin anti kutu, dan vaksin lainnya, untuk vaksin kucing kamu perlu konsultasi dengan dokter hewan, agar mendapatkan pilihan dan saran terbaik.
  8. Rajin Menyisir Bulu Kucing
    Selain cara mengatasi kutu kucing dengan obat atau sampo kamu juga perlu melakukan tindakan manual seperti menyisir bulu kucing. Sering membersihkan bulu kucing dengan cara menyisir bulu kucing, terutama dengan sisir khusus kucing dapat membantu mengentaskan sisa-sisa kutu yang masih tersisa di tubuh kucing.

Nah itu tadi tips dan trik merawat kucing dari kutu dan jamur, dan jangan lupa buat sobat GetInfoo selalu merawat hewan kesayangan kalian dan menjaga diri sendiri dari semua penyakit.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.