Penulis: Meisy Syifa Wasilatu Sholihah
Editor: Fauziah Akmal
Foto: Meisy Syifa/GetInfoo

Sragen – Membicarakan masjid tentunya tidak terbatas pada pemanfaatannya sebagai tempat ibadah seperti salat dan mengaji. Lingkungan masjid dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kemasyarakatan yang mendukung kehidupan bersosial. Tidak sekadar hubungan manusia dengan Tuhan, masjid juga memfasilitasi hubungan antar manusia, khususnya umat Islam.

Masjid Nurul Yaqin didirikan tahun 1950 dan hingga kini pembangunan akan terus dilanjutkan dengan bantuan masyarakat sekitar. Awal pembangunan masjid Nurul Yaqin dibantu masyarakat dengan jumlah 16 KK. Jadi pada saat itu hanya beberapa keluarga yang menempati desa Rejosari.

Ketua takmir Masjid Nurul Yaqin (Surat Luqman) menyatakan bahwa tujuan pembangunan Masjid Nurul Yaqin tidak lain hanyalah satu yakni mencari ridho Allah dan untuk estafet anak-anak sampai besok supaya mengerti agama dan tekun beribadah dengan Allah.

Terkait dengan dana, masjid ini terkenal dengan pembangunannya yang menggunakan dana asli dari masyarakat tidak seperti masjid-masjid pada umumnya.

Ketua takmir Masjid Nurul Yaqin mengatakan, “Sampai sekarang yang aku tahu karena (aku) pegiat takmir masjid bahkan ketua, ini sudah menelan biaya 2 M lebih”, ujarnya

Ketua takmir Masjid Nurul Yaqin menambahkan, dana tersebut juga didapatkan dari masyarakat Desa Rejosari asli yang bekerja Korea, Jepang, Jakarta, dan dari orang-orang yang dengan iklas menyerahkan tanah atau lembu.

Lokasi Masjid Nurul Yaqin yang terletak di dalam desa ini dekat dengan MI, TK, dan gedung TPA. Selain itu, masjid yang didominasi warna orange ini memiliki dua lantai serta tiga buah kubah yang terdiri dari satu kubah besar dan dua kubah kecil.

Di sisi selatan masjid terdapat taman dan lapangan olahraga yang biasa digunakan untuk bermain bulutangkis, pingpong, sepak bola, dan diharapkan dapat menjadi basecamp karang taruna.

So, jika sobat GetInfoo ingin mengunjunginya jangan lupa pakai masker.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.