Penulis: Dwi Muhammad Saputra
Editor: Fauziah Akmal
Foto: Dwi Muhammad Saputra/GetInfoo

Jawa Barat – Empat Sehat Lima Jajan merupakan semboyan konsumsi makanan bagi kalangan muda Indonesia. Menyantap jajanan menjadi salah satu solusi saat perut lapar. Berbagai jajanan favorit dapat sobat GetInfoo jumpai di berbagai tempat seperti food court, tempat perbelanjaan, hingga jajanan kaki lima. Jika sobat GetInfoo berkunjung ke Bandung dapat ditemui pedagang-pedagang kaki lima yang menjajakan camilan berbahan dasar aci. Aci yang berasal dari olahan pati singkong ini menjadi salah satu ciri khas jajanan Bandung.

Dilansir dari ayobandung.com pakar wisata warisan budaya dan gastronomi Indonesia, Dewi Turgarini dari hasil penelitiannya yang dilakukan di Desa Cibuluh, Sumedang, menyimpulkan adanya tepung aci sudah sejak era Belanda. Pada awal abad ke-20, masyarakat mulai membudidayakannya dan mencari alternatif produk olahan aci dengan berbagai variasi untuk menghindari kebosanan mengonsumsi singkong yang hanya dikukus, dibakar atau digoreng.

Endapan pati singkong itu saat ini dapat kita jumpai dalam berbagai bentuk jajanan seperti cilok, cimol, cibay, cilung, serta aci-acian lainnya. Selain cara pembuatan yang mudah, jajanan berbahan dasar aci ini sangat digemari berbagai kalangan. Bukan hanya di Bandung, sobat GetInfoo juga dapat menemukan jajanan tersebut di berbagai pedagang kaki lima depan sekolah, kampus, maupun online shop.

Meski berbahan dasar sama, jajanan ini memiliki cita rasa dan cara pengolahan khas masing-masing. Berikut beberapa rekomendasi kudapan berbahan dasar aci.

Cilok

Jajanan ini tentu familier di berbagai kalangan. Adonan tepung tapioka yang dibuat bulat dengan isian telur maupun daging ini biasa disajikan dengan sambal kacang dan saus kental. Teksturnya yang kenyal ini sangat cocok dijadikan pengganjal perut di kala lapar.

Saat ini cilok juga bisa sobat GetInfoo nikmati dengan berbagai isian seperti keju, sosis, ati, usus, telur puyuh, dan ada juga cilok mercon yang berisian cabai rawit pastinya bikin cetar membahana di mulut seperti ocehan tetangga, waduh! Jajanan ini dijual berkisar 500-1000 rupiah satunya, dengan harga yang sangat terjangkau juga menjadi faktor larisnya jajanan ini di kalangan masyarakat.

Cimol

Renyah di luar lumer di dalam menjadi sebutan pas untuk jajanan yang satu ini. Cimol berbentuk bulat-bulat kecil dengan taburan bumbu bubuk berbagai rasa sebagai pelengkap gurihnya. Bumbu-bumbu yang disajikan beragam, di antaranya rasa keju, balado, ayam panggang, pedas, dan jagung bakar. Inovasi baru juga muncul dengan rasa keju mozzarella sebagai isian cimol. Jika membeli jajanan ini biasanya penjual akan menyarankan sobat GetInfoo untuk segera dimakan selagi hangat. Karena cimol bisa menjadi lebih alot jika sudah dingin.

Cibay

Cibay atau singkatan dari aci ngambay (ingat bukan jablay) ini merupakan salah satu makanan khas Tasikmalaya. Kulit lumpia yang berisi aci dikombinasi dengan beberapa isian seperti suiran ayam, sosis, bakso atau keju memberikan kesan renyah namun kenyal saat dimakan. Aci di dalamnya dibiarkan bertekstur lumer seperti saat sobat GetInfoo menggigit mozzarella, maka dari itu jajanan ini dinamakan aci ngambay.

Cilung

Cilung merupakan adonan aci yang dibiarkan cair kemudian dituang di minyak panas dengan ditambahkan bihun baru setelahnya digulung menggunakan tusuk satai. Cilung disajikan dengan bubuk cabai atau saus pedas dan mayones. Cilung atau papeda gulung ini juga biasa digulung dengan dilapisi telur sehingga menambah kesan gurih ketika dimakan.

Itu dia berbagai camilan khas Sunda yang dapat sobat GetInfoo cicipi, tidak hanya di Jawa Barat namun juga di berbagai kota lainnya. Coba dan rasakan bedanya!

Diam tidak kebagian jajanan, bergerak menyerbu mamang cilok. Logika tanpa logistik? Anarki.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.