Nama : Isnaini Nur Khotijah
Editor : Miftah Nur Fauziah
Foto : YouTube @NajwaShihab
https://youtu.be/CbkTAIHzn1k

Salah satu program talkshow di Trans7 yakni Mata Najwa yang tayang setiap Rabu malam. Pada tanggal 24 November 2021 Mata Najwa memperlihatkan bagaimana sosok Hougeng semasa hidupnya. Bagi sobat GetInfoo yang penasaran bisa nonton di channel YouTube Najwa Shihab episode “Belajar dari Hoegeng ” dengan judul video “Pegang Jabatan Strategis, Hoegeng tak Tergiur Korupsi (Part 3).”

Sedikit informasi, Hoegeng merupakan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (KAPOLRI) ke-5 pada 9 Mei 1968 sampai 2 Oktober 1971. Beliau sosok polisi yang berani dan jujur, padahal banyak pejabat yang melakukan korupsi pada masa jabatannya. Presiden Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid berkata bahwa, “Hanya ada 3 polisi jujur di negara ini: polisi tidur, patung polisi dan Hoegeng”.

Di awal acara Meriyati Hoegeng (Istri Alm. Hoegeng Iman Santoso) bercerita tentang disiplin seorang Hoegeng ketika berdinas dan di rumah seperti dua orang yang berbeda, sangat memisahkan mana urusan kerja dan pribadi maupun fasilitas negara.

Kali ini Mata Najwa mengundang cucu Hoegeng Iman Santoso yakni Krisnadi Ramajaya Hoegeng. Sosok Hougeng yang tidak mau menggunakan pengaruhnya untuk urusan keluarga di mata Rama sang cucu, ketika pembuatan SIM sebagai hadiah di umur 17 tahunnya. Rama meminta bantuan eyang (Hoegeng) untuk dimudahkan dalam pembuatan SIM dengan menuliskan surat dan diantar oleh supir pribadi eyang yakni pegawai sipil di Mabes Polri. Setelah sampai di sana suratnya dikasihkan ke petugas dan ternyata isi dari surat tersebut untuk pembuatan SIM dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada.

Isi surat dari eyang, “Cucunda Rama genap berusia 17 tahun dan akan mengajukan permohonan untuk rebuwes (SIM). Untuk itu tolong diberlakukan sesuai peraturan yang berlaku yaitu: 1. Mengikuti apa, 2. Mengikuti apa, 3. Mengikuti apa, dan seterusnya,” ujar Rama cucu Hoegeng.

Jawaban eyang setelah Rama sampai rumah “Ya begitu Ram, peraturan yang berlaku kamu harus tahu, untuk mendapatkan sesuatu itu harus bersusah-susah dan bekerja agar apa yang kamu inginkan itu kamu bisa hargai dan kamu rawat,” kata Rama di Mata Najwa.

Menurut Sidarto Danusubroto Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, kala itu sebagai junior di kepolisian sosok Hoegeng adalah orang yang sederhana, jujur dan berani melawan ketidakbenaran. Menurutnya Pak Hoegeng diangkat sebagai Dirjen Imigrasi selama 4 tahun, menteri luar negara, kemudian tokoh kepolisian pertama yang diturunkan di luar kepolisian sebelum beliau belum ada. Dengan kejujuran dan kesederhanaannya beliau tidak mempunyai apa-apa. Dengan menduduki jabatan yang strategis tetapi tidak pernah mengambil sesuatu untuk kepentingan pribadi. “Jabatan basah tapi kering di tangan Pak Hoegeng,” ujar Sidarto Danusubroto.

Untuk menghormati jasa beliau, namanya diabadikan sebagai nama Rumah Sakit Bhayangkara Hoegeng Iman Santoso di Mamuju dan nama stadion sepak bola di kota Pekalongan. Sebelum acara berakhir mengulas sedikit buku berjudul Dunia Hoegeng, 100 Tahun Keteladanan yang launching pada 24 November 2021 dan dapat dibeli di toko buku di seluruh wilayah Indonesia.

Mata Najwa program yang selalu memberikan wawasan baru dan dinanti-nantikan, dengan dipandu oleh jurnalis senior Najwa Shihab. Dapat diakses di channel YouTube Najwa Shihab yang ditonton lebih dari 45 ribu penonton.

Dari tayangan ini sobat Getinfoo dapat meneladani bahwa jabatan setinggi apapun jujur adalah kuncinya dan jangan mengambil apapun untuk kepentingan pribadi. Bagi polisi muda bahkan semua polisi episode kali ini menjadi panutan dalam mengemban tugas dan tanggung jawab untuk selalu jujur dan profesional. Hal-hal tersebut merupakan kelebihan dari tayangan episode ini.

Namun sangat disayangkan tayangan di channel YouTube tersebut salah satunya episode ini selalu dibagi beberapa part sehingga tidak full seperti di televisi. Sedangkan kekurangan dalam kehidupan saat ini, belum menemukan sosok yang berkepribadian seperti Hougeng.

Ternyata banyak manfaat yang patut dicontoh dari sosok Hoegeng ini ya sobat GetInfoo?

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.