Penulis: Nila Kartika Sari
Editor: La’ali Nur Haya Muthi’ah
Gambar: Kompas.com

Himbauan penggunaan masker salah satu bagian dari pencegahan virus Covid-19 menuntut masyarakat memakai masker khususnya saat bepergian. Lalu apa yang menjadi masalah? Sebagian besar masyarakat lebih memilih menggunakan masker sekali pakai daripada masker kain karena merasa lebih praktis.

Hal ini yang menjadi permasalahan karena peningkatan penggunaan masker sekali pakai menyebabkan penumpukan limbah masker sekali pakai. Selain itu, limbah masker sekali pakai yang tidak dikelola secara benar dikhawatirkan menjadi media penyebaran virus terutama virus Covid-19 dan disalahgunakan orang yang tidak bertanggungjawab. Seperti didaur ulang lalu dijual kepasaran.

Oleh sebab itu, masyarakat dihimbau untuk memisahkan limbah masker sekali pakai dengan sampah rumah tangga secara tepat dan benar. Berikut pedoman dari kementerian Kesehatan:

  1. Kumpulkan masker bekas pakai

Sobat GetInfoo, mula-mula kumpulkan masker sekali pakai dengan menggunakan tisu atau kertas.

  1. Desinfeksi

Lakukan desinfeksi pada masker. Dengan menyemprotkan atau merendam masker dengan desinfektan (klorin, pemutih). Sobat GetInfoo bisa mendapatkannya dengan mudah di toko maupun apotek.

  1. Rubah Bentuk

Lipat masker menjadi dua bagian dengan sisi dalam masker tetap berada dibagian dalam. Lalu sobat GetInfoo dapat memotong kedua sisi tali dan merobek bagian tengah masker sehingga tidak berbentuk.

  1. Buang ketempat sampah

Setelah itu, masukkan masker kedalam kantong plastik ikat dengan rapat. Jangan campurkan dengan sampah rumah tangga lainnya. Lalu buanglah ketempat sampah, jika ada buang ketempat khusus pembuangan masker sekali pakai yang disediakan oleh petugas kebersihan atau layanan Kesehatan setempat.

  1. Cuci tangan

Terakhir, sobat GetInfoo jangan lupa mencuci tangan dengan menggunakan sabun serta air mengalir atau juga menggunakan handsanitizer setelah mengelola limbah masker sekali pakai.

Nah itu tadi langkah-langkah mengelola limbah masker sekali pakai dengan tepat dan benar. Bagi semua sobat GetInfoo harus berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan pencegahan Covid-19. Kelola limbah masker sekarang, nikmati hidup yang nyaman.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.