Penulis: Meisy Syifa Wasilatu Sholihah
Editor: La’ali Nur Haya Muthi’ah
Foto: Thecyberworld

Halo sobat GetInfoo, baru-baru ini dikabarkan banyak pembobolan data pribadi khususnya pada E-Money maupun rekening bank. Data-data pribadi tersebut dikumpulkan dari akun sosial media para korban. Lalu mengapa itu semua bisa terjadi?

Walaupun sudah diamankan dengan berbagai fitur keamanan yang sudah disediakan. Ternyata masih bisa dibobol. Pembobolan tersebut bukan berasal dari kesalahan keamanan google dan ponsel melainkan dari pengguna itu sendiri.

Pembobolan data dikumpulkan dari data para korban yang mudah diakses. Data tersebut berasal dari postingan yang berkaitan dengan data pribadi seperti tempat tanggal lahir, pekerjaan, status, alamat.

Para korban dengan mudahnya memposting acara ulang tahun, tempat bekerja hingga jabatan, dan alamat lengkap. Walaupun data-data tersebut diposting secara terpisah bahkan di beberapa sosial media yang berbeda, pembobol lebih pintar.

Pembobol akan meretas akun apapun yang memiliki celah. Sehingga pengamanan akun dari google saja tidak cukup. Harus ada aksi dari pengguna itu sendiri.

Berikut langkah-langkah cerdas dalam menjaga keamanan akun sobat GetInfoo:

  1. Gunakan fitur keamanan yang ada pada google
    Rutin mengganti kata sandi enam bulan sekali atau satu tahun sekali.
  2. Membedakan username
    Menggunakan username yang berbeda antara akun satu dengan akun sosial media lainnya.
  3. Mengaktifkan notifikasi
    Jika ada pemberitahuan terkait akun, sobat GetInfoo akan lebih mudah memonitoring info terbaru.
  4. Mengatur postingan
    Memilah antara media yang aman dan tidak aman untuk diposting artinya tidak semua kegiatan sobat GetInfoo harus diposting.
  5. Jangan download aplikasi sembarangan
    Kebanyakan para korban mendapat nomor tidak dikenal dari pengunduhan aplikasi yang tidak diketahui.
  6. Berteman dengan orang yang tepat
    Terkadang pembobolan juga dilakukan dari data yang didapatkan dari data teman. Misalnya, sobat GetInfoo punya teman yang suka mengunduh dan membuka berkas-berkas berbahaya. Dalam data teman sobat GetInfoo terdapat nomor sobat GetInfoo, sehingga nomor sobat GetInfoo dengan mudah dimasukkan ke grup sembarangan.
  7. Jangan membuka link sembarangan
    Link berbahaya misalnya bantuan kuota gratis dengan syarat menyebarkan link, hadiah ponsel Oppo dengan mengisi data diri secara lengkap.

So, pesan mimin buat sobat GetInfoo bijaklah dalam bersosial media, tidak semua kegiatan harus dipublikasikan karena banyak pembobol yang memata-matai data pribadi sobat GetInfoo.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *