Penulis : Wahyu Ragil Saputro
Editor : Risa Evita Yunita Sari
Foto : purinirmala.com

Tentu saja kalian tidak asing lagi dengan jambu biji, siapa sih yang tidak mengenal buah ini. Buah yang sering kita jumpai di sekitar rumah kita. Biasanya, kita olah menjadi jus buah atau sebagai bingkisan saat menjenguk saudara yang sedang sakit.

Buah yang memiliki nama Latin Psidium Guajava ini memiliki banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Buah yang memiliki warna kulit kuning kehijauan dengan daging buah yang berwarna putih dan merah muda ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian Utara. Nah, bagian dalam buah ini juga terdapat banyak biji yang berukuran kecil. Hal ini membuat buah ini terkenal dengan sebutan jambu biji di Indonesia.

Berikut manfaat dan khasiat buah jambu biji untuk kesehatan. Baik yang berwarna merah jambu maupun putih, antara lain:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Meredakan flu dan batuk.
  3. Menjaga Kesehatan Jantung.
  4. Melancarkan sistem pencernaan.
  5. Membantu mencegah kanker.
  6. Menurunkan kadar gula darah.
  7. Menurunkan berat badan.
  8. Menjaga kesehatan mata.
  9. Meningkatkan kesehatan mulut.
  10. Meredakan Stres.

Mengomsumsi buah jambu biji baik merah jambu maupun putih, sama-sama memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan nutrisi buah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi anda sehari-hari.

Namun, dibalik banyaknya khasiat yang terkandung dalam jambu biji, terlalu berlebihan dalam mengonsumsi buah tersebut juga tidak baik tentunya untuk kesehatan.

Melansir dari suara.com mengonsumsi jambu biji secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Jambu biji yang kaya akan Fruktosa dan Vitamin C, memiliki dosis yang tinggi pada salah satu dari keduanya yang bisa menyebabkan anda merasa kembung. Karena tubuh kita sulit menyerap terlalu banyak vitamin C.

Selain jambu biji memiliki kandungan yang kaya akan serat yang dapat membantu kita meringankan sembelit dan melancarkan pencernaan. Namun jika kita berlebihan mengomsumsi jambu biji dapat mengacaukan pencernaan. Jadi penting untuk mengomsumsi Jambu Biji dengan cara terbatas.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *