Penulis: Arlinda Maya Septyaningrum
Edito: La’ali Nur Haya Muthi’ah
Foto: Maya/GetInfoo

Hallo, sobat GetInfoo. Bosan nih karena sering dengar cerita membahas semester akhir dan maba. Gimana kalau sekarang kita tengok kabar semester 5 aja? Ternyata banyak yang menganggap semester tersebut cukup sulit ditempuh. Karena posisinya di tengah-tengah perjalanan, sehingga mulai disibukkan oleh berbagai macam persiapan memasuki semester akhir.

Lalu hal apa saja ya yang perlu di persiapkan dari semester 5?

  1. Menjaga hubungan baik dengan dosen, terutama dosen pembimbing skripsi. Dengan hubungan yang terjalin baik, ada beragam manfaat yang bisa didapatkan. Seperti, mempermudah untuk mengajak diskusi, sebagai inspirasi dan motivasi, Dan tentunya akan mempermudah kita untuk membuat skripsi.
  2. Memperbaiki dan menjaga hubungan baik dengan teman, senior dan junior. Dengan menjalin hubungan dengan teman seangkatan, senior maupun junior, kamu akan lebih mudah menerima informasi-informasi penting. Misalnya informasi mengenai bagaimana menghadapi dosen tertentu.
  3. Mengetahui bidang apa yang dikuasai. Jika bidang yang kamu kuasai sesuai dengan karakteristik dan kesukaanmu pasti akan enjoy menjalaninya.
  4. Cari jurnal online dimana saja. Berikut rekomendasi website jurnal berbahasa Indonesia untuk cari referensi skripsi: neliti.com, onesearch.id, google scholar, jurnalbaca.pdii.lipi.go.id.
  5. Sesekali lakukanlah me time walaupun hanya menonton film, makan makanan lezat ataupun jalan-jalan keluar. Sebagai bentuk apresiasi diri dengan penatnya rutinitas.
  6. Terus memotivasi diri, pernah tidak merasa berada di titik terendah kehidupan? Semuanya terasa begitu berat, tidak ada jalan keluar untuk setiap permasalahan yang datang, padahal kondisinya membutuhkan dukungan serta motivasi dari sekitar. Berikan diri sendiri apresiasi untuk hal sekecil apapun, ketika orang lain tidak melakukannya. Karena, yang terpenting adalah bagaimana cara supaya bisa bertahan serta terus menjadi sosok yang kuat.

Nah, itu dia sobat GetInfoo. Dengan persiapan yang matang tentunya akan mempermudah kita, semangat untuk para mahasiswa yang sedang berjuang, kita pasti bisa melewatinya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *