Penulis: Fitri Siyami
Editor: Miftah Nur Fauziah
Foto: Fitri Siyami/ GetInfoo

Judul: Pulang
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Republika
Genre buku: Action, Fiksi Fantasi
Tahun terbit : 2015
Tebal halaman: iv+400 halaman
ISBN: 9786020822129

Hallo sobat GetInfoo, kurang update kalau kalian tidak tahu tentang novel karya Tere Liye. Banyak banget karya Tere Liye yang novelnya menjadi National Best Seller. Salah satunya yaitu berjudul Pulang. Tenang saja, bagi sobat GetInfoo yang belum tahu bisa baca review ini.

Novel Pulang merupakan novel populer yang ditulis oleh Tere Liye. Tere Liye merupakan penulis novel kebangsaan Indonesia yang memiliki nama asli Darwis dan lahir di Sumatera Selatan pada tanggal 21 Mei 1979. Selain itu beberapa karyanya ada yang diadaptasi ke layar lebar juga lho, sobat GetInfoo.

Judul Pulang kali ini bukanlah pulang dari perjalanan pada umumnya. Sebab Pulang kali ini adalah petualangan yang sangat berkesan melewati pertarungan demi pertarungan, yang tidak akan pernah terbayangkan oleh si Bujang tokoh utama dalam novel ini.

Di awal novel ini menceritakan tentang perjalanan seorang anak yang bernama Bujang, anak umur 15 tahun yang tidak mengenyam bangku pendidikan dan tinggal di sebuah pedalaman Sumatera bersama bapaknya Samad seorang mantan jagal terkemuka. Ibunya bernama Midah, anak keturunan pemuka agama. Sampai suatu hari teman lama Samad (Tauke Muda), menginjakkan kaki di Talang. Disinilah awal mula Bujang bertemu dengan Tauke Muda yang akan berburu babi hutan besar-besaran bersama rombongannya. Bujang dimintanya untuk ikut berburu. Itu adalah kali pertama Bujang berburu di hutan dan petualangan Bujang dimulai.

Sampai akhirnya Bujang mulai beradaptasi dengan tempat barunya. Dibiayai untuk bersekolah kembali sampai mengerti apa itu konsep Shadow Economy dan menjadi penyelesai masalah nomor 1 di Keluarga Tong. Bujang tumbuh menjadi pemuda yang gagah, kuat dan pintar yang tidak memiliki rasa takut. Dia memiliki julukan Si Babi Hutan.

Novel Pulang ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan novel ini memiliki tema yang unik dan tidak membosankan. Tema yang unik disini pembaca dapat mendapatkan dua hal yang sangat menarik yaitu, action dan pemahaman tentang Shadow Economy. Shadow Economy merupakan seluruh aktivitas ekonomi yang berada di luar pantauan pemerintah maupun legal atau ilegal. Selain itu penulis mampu mengemas tema tersebut menjadi sebuah novel yang tidak terlalu berat dibaca. Untuk karakter yang dibawakan oleh si Bujang sangat menarik dan patut untuk diteladani, mulai dari ketaatan, mendengarkan nasihat orang tua, dan kepandaiannya yang membuat pembaca juga tergugah untuk berimajinasi di setiap ceritanya.

Untuk kekurangan pada novel ini memiliki cerita yang beralur maju mundur membuat pembaca harus berhati-hati dan lebih berpikir dalam memahami setiap kejadian dalam cerita. Istilah-istilah yang digunakan dalam konteks ekonomi sedikit sulit dipahami orang awam, seperti Shadow Economy, pasar gelap, bisnis legal, dan lain-lain.

Jadi, gimana nih menurut sobat GetInfoo? Sudah pada tahu kan, sekilas tentang novel Pulang karya Tere Liye? Buku ini sangat cocok buat kalian yang suka genre novel aksi dan mau tahu tentang Shadow Economy. Kalau sobat GetInfoo mau tahu bagaimana keseruan dan akhir cerita buku ini, kalian bisa langsung baca bukunya ya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *