Penulis: Nila Kartika sari
Editor: La’ali Nur Haya Muthi’ah
Foto: yukbisniskost.com

Bingung nyari kost? Hal ini pasti dialami oleh mahasiswa rantau, kondisi dimana jauh dari orang tua dan berada dilingkungan baru. Selain kebutuhan kuliah yang perlu disiapkan, tentunya juga perlu mempersiapkan tempat tinggal agar tidak pusing mikirin mau tidur dimana.

Kost menjadi rumah kedua bagi mahasiswa rantau. Kenyamanan dan biaya tentunya menjadi poin utama dalam memilih kost.
Menemukan kost yang murah dan memiliki fasilitas memadai memang susah-susah gampang. Tidak jarang mahasiswa sering pusing memikirkan pengeluaran uang bulanan semakin bertambah sedangkan uang simpanan semakin menipis. Untuk menyiasati hal ini, sobat GetInfoo harus pintar-pintar memilih kost yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Berikut siasat mahasiswa rantau memilih kost murah tapi tidak murahan:

  1. Tentukan budget murah versimu

Bagi sobat GetInfoo, definisi murah tiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang beranggapan biaya kost 500.000 itu murah tapi ada juga yang beranggapan biaya kost 1.000.000 itu murah. Nah, untuk itu tentukan dulu budget murah sesuai versimu pertimbangkan uang bulanan atau pendapatan yang dimiliki. Setelah menentukan budget yang dianggap murah sobat GetInfoo bisa langsung mencari kost yang diinginkan.

  1. Fasilitas yang disediakan

Saat mencari kost murah pikirkan dulu fasilitas apa saja yang sobat GetInfoo butuhkan. Misalnya akses internet, listrik, kamar mandi dalam atau umum, dapur, AC, tempat parkir, dan perabotan kamar seperti lemari, meja, kasur, bantal dan sebagainya. Semakin lengkap fasilitas yang disediakan tentunya akan mempengaruhi harga kamar kost. Untuk itu, tentukan fasilitas yang benar-benar dibutuhkan. Tanyakan kepada pemilik kost fasilitas apa yang disediakan dan bagaimana kondisi fasilitas tersebut. Hal ini juga bisa ditanyakan pada penghuni kost yang sudah lama menetap disana. Dengan kelengkapan fasilitas yang dibutuhkan tentunya akan memberikan rasa nyaman pada sobat GetInfoo.

  1. Perhitungkan Biaya tambahan

Dengan biaya yang terbatas, cari tahu apakah ada biaya tambahan selain biaya sewa kamar yang ditawarkan. Misalnya biaya listrik, internet, air dan sebagainya. Jika terdapat biaya tambahan buatlah perhitungan antar biaya sewa kamar dan biaya lainnya. Jangan sampai tergiur dengan harga murah sewa kamar tetapi setelah itu masih ada biaya lain yang dikeluarkan.

Selain itu, hitunglah biaya transportasi. Misalnya jika kamu bisa mencari lokasi yang dekat dengan kampus, ongkos akan lebih irit, pengeluaran lebih sedikit. Perhitungan biaya tambahan membantumu memilih tempat kost yang sesuai dan mengatur uang bulanan.

  1. Lokasi

Aspek yang perlu diperhatikan lainnya adalah jarak antar kost dengan kampus. Dengan memilih lokasi kost yang dekat dengan kampus tentunya akan mengurangi biaya transportasi. Jarak yang dekat jika memungkinkan bisa ditempuh dengan jalan kaki sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan biaya ongkos tambahan. Tapi jika membutuhkan transportasi tentunya harus diperhitungkan sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

  1. Survei lingkungan kost

Luangkan waktumu untuk mengecek situasi dan kondisi kost serta lingkungan sekitar. Periksa apakah lokasi kost bersih, aman atau malah rawan pencurian dan usahakan mencari kost yang strategis sehingga bisa mudah mencari keperluan sehari-hari. Misalnya dekat dengan warung, minimarket, toko percetakan, ATM, dan sebagainya. Dengan melakukan survei ke lokasi kost sobat GetInfoo akan mengetahui langsung kondisi bangunan, fasilitas dan lingkungan kost.

Nah, itu dia siasat yang bisa dilakukan untuk memilih kost yang murah tapi tidak murahan. Pilih kost sesuai budget dan kebutuhan yang diinginkan sobat GetInfoo. Jangan asal tergiur dengan harga murah sewa kamar tanpa memperhitungkan biaya lainnya. Semangat dan teliti memilih kost.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *