Penulis : Maretha Rahmanda Pinartyan
Editor : Risa Evita Yunita Sari
Foto : http://gundersenhealth.org

Banyak sekali cara yang dilakukan kaum wanita khususnya untuk memutihkan badan, baik cara yang instan ataupun cara yang prosesnya bertahap lama. Salah satu caranya yaitu dengan meminum-minuman collagen. Banyak iklan yang berseliweran di sosial media tentang khasiat yang terkandung pada collagen ini. Ketika memilih produk pemutih badan pasti banyak jenis produk seperti body lotion, sabun, lulur, suplemen dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak produk pemutih badan yang ada, salah satu yang paling diminati oleh penggiat produk pemutih badan adalah minuman collagen atau yang biasa disebut Collagen Drink. Jenis produk ini merupakan minuman yang di claim dalam memutihkan badan secara menyeluruh karena bekerja dari dalam tubuh.

Dikutip dari laman sehatq.com, collagen merupakan protein yang berperan penting dalam memberikan struktur pada kulit dan memperkuat tulang. Maka tidak heran jika minuman yang mengandung collagen dapat meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit, dan membantu mengurangi kerutan.

Pasalnya, collagen sangat dibutuhkan dalam tubuh karena dalam bertambahnya usia produksi collagen dalam tubuh pasti berkurang dan menyebabkan kulit keriput, muncul garis halus, dan kulit mulai mengendur, sehingga mengkonsumsi collagen drink sangat diperlukan bagi tubuh.

Meskipun collagen drink sangat bermanfaat bagi tubuh, namun jika mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh. Berikut efek samping collagen drink yang perlu diketahui.

  1. Dapat menyebabkan alergi

Bukan hanya collagen drink, hampir semua produk kecantikan pasti beresiko menyebabkan alergi. Reaksi yang ditimbulkan dalam beberapa kasus setelah mengonsumsi collagen drink adalah kulit terasa gatal dan kaku, bersin-bersin bahkan sampai muntah. Apabila gejala tersebut terjadi ada baiknya berhenti mengonsumsi produk yang mengandung collagen. Jika diteruskan akan membahayakan tubuh bahkan dapat menyebabkan kematian.

  1. Dapat menyebabkan gangguan usus

Efek samping ini disebabkan karena berlebihan dalam mengonsumsi collagen drink sehingga beberapa kasus dapat mengakibatkan sembelit, penyakit maag atau bahkan kehilangan nafsu makan meskipun lebih jarang terjadi. Sehingga dalam hal ini sangat disarankan Ketika ingin mengonsumsi collagen drink harus dengan resep dokter.

  1. Dapat menyebabkan batu ginjal

Salah satu efek samping collagen drink yang besar pada ginjal adalah memiliki Riwayat batu ginjal. Boleh mengonsumsi collagen drink tetapi harus sesuai aturan yang tertera atau resep dokter dan harus mengkonsumsi cukup air putih minimal 2 liter perhari untuk menjaga ginjal agar tetap mendapatkan cairan. Jika anda merasa adanya rasa tidak cocok terhadap suplemen tersebut maka segera hentikan penggunaannya. Jika terdapat keluhan maka periksakan diri ke dokter secara langsung.

  1. Menyebabkan insomnia atau sulit tidur

Glutamic acid yang terkandung dalam collagen drink untuk sebagian orang yang sensitif sangat berdampak bagi tubuh seperti pusing hingga insomnia atau sulit tidur pada malam hari. Jika dalam mengonsumsi minuman ini terdapat gejala diatas ada baiknya untuk menghentikan mengomsumsi supaya tidak terjadi efek samping yang lebih parah.

  1. Gangguan suasana hati

Salah satu efek mengonsumsi collagen drink ini adalah dapat mengacaukan suasana hati. Kandungan protein collagen ke tubuh dapat menyebabkan defisit triptofan yang dapat mempengaruhi kadar serotonin dalam tubuh. Sehingga akan merasa gugup, cemas, mudah marah, stres, dan depresi. Tentunya hal ini berefek negatif untuk orang yang kerap menderita gangguan suasana hati.

Mengonsumsi collagen drink sebenarnya boleh-boleh saja, namun jika mengonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai aturan akan menjadi boomerang bagi orang yang mengonsumsinya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *