Penulis : Aqila Tazkia
Editor : Fauziah Akmal
Foto : Instagram @pemkabtmg

Temanggung – Kabupaten Temanggung genap berusia 187 tahun pada 10 November mendatang. Dalam rangka memeriahkan HUT ke-187 tersebut, pemkab setempat mengadakan beberapa agenda kegiatan yang akan berlangsung selama 20 hari. Masyarakat pun bisa ikut berpartisipasi dalam serangkaian acara yang diselenggarakan pada tanggal 3-21 November 2021 ini.

Serangkaian acara tersebut meliputi 12 kegiatan, yaitu:

  1. Lomba Foto Temanggung 187
  2. Deklarasi Pasar Bebas Sampah dan Gerakan Bersih Lingkungan
  3. Mujahadah dan Penyerahan Songsong Djojonegoro
  4. Pembacaan Tahlil dan Penggantian Songsong Djojonegoro
  5. Upacara Pengibaran Bendera Hari Pahlawan
  6. Upacara Tabur Bunga
  7. Upacara Hari Jadi Kab. Temanggung ke-187
  8. Dialog Peradaban dan Pemutaran Film Dokumenter Situs Liyangan
  9. Musyawarah Kebudayaan
  10. Pagelaran Virtual Ngrumat Ngrawat Bhumi Phala
  11. Pagelaran Virtual Sendratari Nirmala Ngruwat Ama, Ngrawat Budaya
  12. Malam Anugerah Masjchun Sofwan Awards 2021

Masih dalam suasana pandemi, beberapa agenda tersebut akan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Hari jadi Temanggung nanti ada beberapa kegiatan, ada beberapa aktivitas seni. Tapi semuanya masih diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Dan kita lebih mengutamakan penampilan secara virtual,” kata Bupati Temanggung saat menghadiri kegiatan Gerakan Pasar Bebas Sampah se-Kabupaten Temanggung di Pasar Ngadirejo, Jumat (5/11/2021).

Antusiasme masyarakat terhadap agenda yang diselenggarakan Pemkab Temanggung cukup baik. Terbukti dalam kegiatan Lomba Foto Temanggung 187, masyarakat ikut aktif berpartisipasi memamerkan karya foto terbaik mereka di akun Instagram masing-masing. Hal itu dapat dilihat dengan menelusuri tagar #LombaFotoHariJadiTMG187 sebagai persyaratan lomba, yang memenuhi laman tagged dalam Instagram resmi @pemkabtmg.

Kegiatan Deklarasi Pasar Bebas Sampah juga berlangsung dengan lancar. Bupati Temanggung, H. Muhammad Al Khadziq turut melakukan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik di Pasar Ngadirejo Temanggung. Kegiatan ini dimeriahkan dengan acara teatrikal oleh grup kesenian Sekar Langit, penempelan stiker Pasar Bebas Sampah, dan pembagian tas belanja kain yang bisa digunakan berulang kali. Lebih lanjut, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Entargo Yutri Wardono menjelaskan, Gerakan Pasar Bebas Sampah ini juga dilaksanakan di Pasar Temanggung dan Pasar Parakan.

Dilansir dari akun Instagram resmi Pemkab Temanggung, HUT ke-187 Temanggung kali ini mengusung tema “Kita Kuat, Makin Hebat”. Tema tersebut menandakan kekuatan dan semangat yang pantang menyerah dalam menghadapi rintangan dan pandemi. Harapannya melalui peringatan hari jadi kali ini bisa menjadikan Kota Tembakau ini semakin hebat.

Sumber:
https://www.instagram.com/pemkabtmg/
https://jatengprov.go.id/beritadaerah/temanggung-deklarasikan-gerakan-pasar-bebas-sampah/

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *