Penulis: Nila Kartika Sari
Editor: La’ali Nur Haya Muthi’ah
Sumber: Kompas.com

Pernahkah sobat GetInfoo mengamati semua barang yang dimiliki lalu merasa pengap pada barang tersebut? Apakah sobat GetInfoo merasa sulit mengatasi keinginan yang berakibat pada keuangan? Setelah kekacauan itu terjadi, sobat GetInfoo merasa bingung harus seperti apa mengatur tumpukan barang yang memenuhi rumah atau ruangan. Jika iya, sebaiknya sobat GetInfoo mencoba menerapkan gaya hidup minimalis.

Menjalani gaya hidup minimalis berarti harus memfokuskan pada fungsi dan potensi barang tersebut. Menggunakan barang yang betul-betul berguna untuk kebutuhan. Sehingga tidak terjadi penumpukan barang dan kekacauan ruangan.

Esensi gaya hidup minimalis adalah lebih banyak waktu, uang, dan tenaga yang dimiliki. Mulai meninggalkan sikap konsumtif dan lebih nyaman menjalani hidup.

Untuk itu diperlukan langkah-langkah berikut untuk memulai menerapkan gaya hidup minimalis:

  1. Kenali kegunaan barang

Sobat GetInfoo, coba amati sekitar kalian. Kemungkinan, akan terlihat tumpukan barang yang memenuhi ruangan. Pikirkan bagaimana barang itu sampai disini? Kapan dan apa fungsi barang tersebut? Setelah sobat GetInfoo memahami apa fungsi keberadaan barang tersebut. Mulailah membuat kategori setiap barang sesuai dengan kegunaanya. Hal ini memudahkan untuk menata dan memilah barang-barang serta menyingkirkan agar membuat ruangan pengap menjadi luas, rapi dan bersih.

  1. Barang anda bukan diri anda

Sering kali, secara tak sadar sobat GetInfoo berasumsi bahwa apa yang dikenakan dan digunakan menunjukan cerminan diri. Misalnya mengoleksi mobil, pakaian, rumah, dan barang-barang lain dengan tujuan memberikan kesan tertentu. Padahal memiliki banyak barang belum tentu membuat bahagia tetapi malah membuat sobat GetInfoo repot dan belum tentu memberi keuntungan tetapi malah menguntungkan pihak lain.

  1. Memilah dan menyingkirkan barang mu

Setelah menentukan kategori dan kegunaan setiap barang. Yang harus sobat GetInfoo lakukan, menyingkirkan tumpukan barang-barang yang memenuhi ruangan. Lalu amati apakah barang ini masih memiliki fungsi atau tidak? Jika iya, sobat GetInfoo bisa memberikannya pada pihak tertentu. Misalnya barang yang bisa didaur ulang bisa diberikan pada petugas kebersihan dan barang masih terpakai bisa disumbangkan pada dinas sosial atau orang-orang yang membutuhkan lainnya.

  1. Menyukai tanpa memiliki

Sejatinya rasa ingin memiliki adalah sifat dasar setiap orang. Untuk mengontrol keinginan sobat GetInfoo bisa menjadikan kalimat menyukai tanpa memiliki sebagai prinsip hidup. Dengan itu semua orang memiliki kesempatan menjalani hidup lebih bahagia. Karena sobat GetInfoo tidak perlu repot bertanggungjawab merawat, mengatur dan menjaga barang tersebut. Cukup menikmati keindahan dan keunikan barang tersebut tanpa memilikinya. Sebab sobat GetInfoo sudah bahagia dengan cukup barang yang memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menerapkan hidup minimalis bukanlah hal yang mudah dibutuhkan rencana dan waktu yang panjang. Meskipun begitu gaya hidup seperti ini memberikan kebahagiaan dengan kondisi keuangan yang sehat dan ruangan yang tertata rapi dan bersih. Gimana sobat GetInfoo apakah tertarik menjalani gaya hidup minimalis?

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *