Penulis : Aqila Tazkia
Editor : La’ali Nur
Foto : hipwee

Kamu seorang mahasiswa? juga seorang anak kos? Jika jawabanmu adalah ya, maka selamat kamu telah membaca artikel yang tepat!

Mahasiswa dan anak kos adalah dua label yang sulit untuk dipisahkan. Keduanya adalah lambang orang-orang yang dituntut untuk memiliki pemikiran kritis dan kreatif dalam menghadapi permasalahan hidup. Mulai dari uang jajan yang terbatas, ditambah dengan ketidakmampuan me-manage keuangan, hingga keterbatasan fasilitas kos yang ditempati. Inilah beberapa lifehack unik yang akan mempermudah permasalahan dunia kosmu.

  1. Menyetok sabun batang sebanyak yang kamu bisa

Sabun batang selain fungsinya untuk mandi juga bisa dijadikan sebagai pewangi. Sobat GetInfoo bisa meletakkannya di lemari pakaian untuk pengharum baju. Kamu juga bisa meletakkannya di belakang kipas angin supaya kamarmu wangi. Nantinya kamu bisa menggunakannya untuk mandi kalau sabun di kamar mandimu sudah habis. Multifungsi dan hemat kan?

  1. Milikilah toples minimal 2 buah

Suatu saat kamu pasti butuh menyimpan gula, lauk atau jajananmu. Untuk menghemat tentu kamu tidak bisa langsung menghabiskannya dalam sehari sekaligus. Jika kamu menyimpannya dalam plastik kemasan yang seadanya pasti akan rawan melempem atau dimakan semut. Maka dari itu sediakan sedikitnya dua toples untuk menyimpan stok makananmu.

  1. Membeli bumbu masak bubuk

Sebagai anak kos tentu ingin sebisa mungkin menghemat pengeluaran, salah satunya dengan memasak sendiri. Tapi seringkali Sobat GetInfoo kesulitan menyimpan bumbu masak, seperti bawang-bawangan karena mudah busuk. Apalagi jika tidak memiliki tempat penyimpanan yang cukup. Alih-alih menghemat yang terjadi malah terbuang sia-sia.
Tapi jangan khawatir, kini sudah produk bumbu berbentuk bubuk yang cukup praktis dan harganya terjangkau. Kamu bisa memasak enak tanpa kesulitan menyimpan bumbu masak yang tersisa. Cukup disimpan dalam toples dan kamu bisa menggunakannya lagi besok.

  1. Menjemur cucian di malam hari

Kalau Sobat GetInfoo mencuci pakaian sendiri dan kosmu tidak menyediakan fasilitas mesin cuci, cara ini pasti akan berguna untukmu. Ketika kamu menjemur di malam hari, air di pakaianmu akan segera turun. Sehingga keesokan paginya kamu hanya perlu mengeringkannya sebentar di bawah sinar matahari. Dengan begitu warna pakaianmu tidak akan cepat pudar.

  1. Menyalakan keran mode hemat

Terkadang debit air di kosmu terbatas dan membuatmu kesulitan mencari air saat perlu buang air kecil atau bahkan mandi. Kamu bisa menyiasatinya dengan membiarkan keranmu menyala dengan aliran yang sangat kecil ketika kamu sedang tidak menggunakan kamar mandi. Jangan lupa untuk menampungnya di bak atau ember, ya!. Nantinya bak mandimu akan tetap terisi tanpa harus menunggu lama.

  1. Usir bau tak sedap dengan bubuk kopi

Mungkin beberapa kali kamu mendapati kamarmu tercium bau-bau yang tidak sedap. Bisa jadi itu karena kamar kosmu lembab apalagi jika kamu berada di kota yang memiliki cuaca cukup panas. Sobat GetInfoo bisa mengatasinya dengan meletakkan bubuk kopi di tempat yang berbau ataupun di sudut-sudut kamar. Kopi bisa menyerap kelembaban dan menjadi penyegar ruangan alami.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *