Penulis

Penulis: Fitri Siyami
Editor: Risa Evita Yunita Sari
Foto: Republik KPI 19

Dalam rangka meningkatkan kualitas kewirausahan islam, mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2019 UIN Raden Mas Said Surakata mengadakan mentoring kewirausaan islami. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23-24 Oktober 2021 bertempat di Wisma Giri Mulyo Tawangmangu. Acara ini diikuti kurang lebih 160 mahasiswa dengan mematuhi protokol kesehatan.

Acara mentoring kewirausahaan islam akhirnya terealisasi. Acara tersebut sekaligus menjadi pertemuan secara langsung setelah kurang lebih satu angkatan Komunikasi Penyiaran Islam tahun 2019 melakukan perkuliahan daring. Mengingat masih di masa pandemi Covid 19 acara ini dipertimbangkan secara matang baik terkait perijinan ataupun prokes saat pelaksanaan acara.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Danang Bangkit K., S.E.,M.M selaku dosen mata kuliah kewirausahaan islam, serta Agus Sriyanto S.Sos., M.Si. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) yang turut berkontribusi dalam acara tersebut.

Kegiatan mentoring ini juga turut menghadirkan 3 narasumber yang sangat luar biasa yaitu, Damar Sri P sebagai Jurnalis di Solopos. Materi pertama yang disampaikan adalah tentang mempelajari sebuah kisah hidup dari Michael Jordan (Bintang basket NBA). Pelajaran yang bisa diambil dari cerita terebut antara lain memberikan nilai tambah, inovasi, dan tau kapan untuk menggambil sebuah kesempatan serta blue ocean strategy.

Narasumber yang ke dua yaitu Kartika Mahardika dari Omah Mahar Solo. Beliau adalah wirausawan muda yang bergerak dibidang seni yaitu pembuatan mahar. Dalam penyampaian materi kedua ini beliau sharing mengenai usaha pembuatan mahar. Omset dari usaha pembuatan mahar ini kurang lebih Rp. 340 ribu sampai 1 juta, tergantung tingkat kerumitan mahar. Usaha pembuatan mahar ini sangat menjajikan karena hanya membutuhkan modal, ketelitian, dan ketekunan. Dalam pelatihan ini semua mahasiswa diajarkan praktek pembuatan bunga menggunakan uang mainan.

Setelah itu masuk ke materi yang ketiga disampaikan oleh Indah Apriliyani dari alumni Komunikasi dan Penyiaran Islam. Materi ke tiga yang yaitu tentang potensi diri. Dari materi potensi diri ini mahasiwa diajarkan apa saja potensi diri yang dimiliki pada diri kita.

Setelah penyampain materi, mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam dibagi menjadi berbagai kelompok untuk melakukan observasi terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berada di wilayah sekitar. Mahasiswa diajak untuk lebih mengenal UMKM yang berada di wilayah sekitar, untuk mengetahui dampak sosial yang ditimbulkan di masyarakat dan dampak disaat pandemi covid-19. Diakhir setiap kegiatan mahasiswa melakukan Focus Group Discussion untuk mendiskusikusikan hasil observasi yang sudah dilakukan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *