Penulis : Fisabillilah Sophyan Prayogo
Editor : Risa Evita Yunita Sari
Foto : Fisabillilah Sophyan Prayogo

Pencak silat adalah olahraga bela diri asli Indonesia yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Sebagai salah satu kebudayaan bangsa, pencak silat tersebar hampir ke seluruh daerah di Indonesia. Bahkan olahraga bela diri ini terkenal hingga ke mancanegara, sehingga olahraga bela diri ini dikenal dan terus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia.

Pertandingan seleksi porprov yang di adakan di Padepokan PSHT Pusat Madiun berjalan dengan lancar. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 1-3 Oktober 2021 yang berlangsung dari jam 08.00 -16.00 WIB. Peserta yang mengikuti seleksi porprov seKarisidenan Madiun tidak hanya dari PSHT saja melainkan dari Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW), Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI), Pagar Nusa (PN), Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) dan gabungan seluruh IPSI lainya. Dengan jumlah kurang lebih 100 peserta PA dan PI yang terdiri dari kelas ABCDEF (PA) dan ABCD (PI).

Seluruh kontingen Madiun mengirimkan atlet terbaik mereka, dari Madiun pusat , Ponorogo, Magetan dan Ngawi. Wasit yang memimpin pertandingan langsung dari IPSI Pusat Jawa Timur.

“Widya Sari merupakan salah satu pemenang dari event tersebut. Widya mengikuti kelas D dewasa PI dan berhasil memenangkan juara satu. Pesilat dari perguruan PSHT tersebut berasal dari Desa Bagi Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun dalam mengikuti seleksi ini merupakan pengalaman kesekian kalinya dalam mengikuti perlombaan.

Pengalaman dan mental sangat diutamakan di event ini karena makin beratnya saingan dari berbagai kota, ucap Widya Sari.

Latihan yang rutin serta makanan yang bergizi merupakan salah satu persiapan awal Widya Sari mengikuti event tersebut, Widya Sari juga mendapatkan pelatihan khusus dari pihak PSHT Madiun.
Perasaan Widya Sari sangat senang karena bisa memenangkan pertandingan tersebut dengan nilai cukup memuaskan.

Setalah menang dari event tersebut para pemenang akan maju ke seleksi IPSI Kabupaten yang akan di selenggarakan tanggal 30 Oktober 2021.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *