Penulis : Dwi Muhammad Saputra
Editor : La’ali Nur Haya Muthi’ah
Foto : Dwi Muhammad Saputra/GetInfoo

Mendaki gunung menjadi salah satu tren khususnya di kalangan remaja. Melihat pemandangan dari ketinggian, diselimuti udara sejuk, sunset juga sunrise yang dilengkapi dengan samudra awan dan hangatnya sapaan mentari, membuat banyak orang bermimpi untuk bisa merasakannya. Mulai dari munculnya komunitas-komunitas pendakian dan dibumbui dengan audio visual yang tersebar di sosial media. Semakin membuat orang penasaran untuk ikut merasakannya.

Kegiatan ini bukan hanya tren semata. Namun diperlukan persiapan dan tekad yang kuat untuk memulainya. Selain itu, izin dari orang tua menjadi salah satu hal penting yang perlu dikantongi sebelum mendaki. Tak jarang para pendaki pemula kesulitan untuk mendapatkan izin dari orang tua. Belum lagi saat melihat kabar yang beredar tentang banyaknya pendaki yang hilang, tentu membuat orang tua semakin khawatir melepas anaknya untuk mendaki.

Ini dia siasat yang bisa dilakukan agar mendapatkan izin dari orang tua untuk mendaki gunung :

  1. Olahraga Rutin dalam Seminggu
    Bagi sobat GetInfoo pendaki newbie, olahraga seminggu sebelum mendaki merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Otot-otot yang sebelumnya hanya digunakan untuk rebahan, nge-game dan motoran saja perlu dilatih lebih agar tidak kaget ketika harus berjalan menanjak naik turun selama berjam-jam di medan yang curam dan berliku yang tak semulus kariermu, ups! Banyak cara latihan fisik yang dapat sobat GetInfoo lakukan seperti, jogging, berenang, bersepeda, ataupun olahraga lainnya.
  1. Persiapkan Segala Kebutuhan dengan Matang
    Minimal tiga hari sebelum mendaki, ada baiknya sobat GetInfoo mempersiapkan segala kebutuhan, baik logistik, alat kelompok, maupun perlengkapan pribadi dan juga obat-obatan. Pastikan saat sobat GetInfoo mempersiapkannya orang tua melihat, agar mereka tau dan tidak khawatir karena segala kebutuhan pendakian telah tercukupi.
  2. Ceritakan Planing Pendakian
    Selanjutnya, sobat GetInfoo harus menceritakan rencana pendakian dengan detail. Mulai dari pemberangkatan, pendakian, hingga saat turun dan pulang. Pastikan rencana yang disusun telah matang, jangan sampai ada celah yang bisa dipertanyakan oleh orang tua. Siapkan juga jawaban-jawaban yang meyakinkan agar bisa dipercaya. Catatan penting, saat meminta izin baiknya sobat GetInfoo memilih waktu dan situasi yang tepat. Seperti saat orang tua sedang santai menonton TV atau berkumpul di ruang keluarga. Sebelum berbicara siapkan segelas teh hangat atau kopi untuk mereka.
  1. Pastikan Pergi Bersama Teman yang Lebih Berpengalaman
    Langkah selanjutnya, apabila usaha sobat GetInfoo untuk meminta izin gagal. Sobat GetInfoo bisa mengenalkan teman seperjalanan yang lebih berpengalaman kepada orang tua. Bawa teman sobat GetInfoo ke rumah untuk meyakinkan orang tua. Ceritakan pengalaman apa saja yang telah dilalui teman sobat GetInfoo. Pastikan ia paham tentang jalur dan penanganan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi, jangan ceritakan kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Terkecuali saat orang tua sobat GetInfoo menanyakannya. Intinya pastikan teman sobat GetInfoo dapat diandalkan dan bisa menjaga tim saat perjalanan nanti. Minta bantuannya untuk mendapatkan izin dari orang tua sobat GetInfoo.
  2. Jaga Ibadah dan Etika Saat di Gunung
    “Nanti sholatnya gimana kalau di sana? Tidurnya bareng-bareng?” Pertanyaan seperti ini seringkali muncul di benak orang tua. Tentu mereka tidak menginginkan anaknya bepergian dan melupakan kewajibannya sebagai muslim (jika Islam). Hal-hal seperti ini perlu kalian persiapkan. Bawalah alat sholat saat sobat GetInfoo packing. Ceritakan juga rencana atau jadwal sholat sobat GetInfoo selama perjalanan hingga pulang. Hal ini dapat meyakinkan orang tua bahwa sholat sobat GetInfoo tetap terjaga selama perjalanan. Gunung tentu bukan hanya tempat bagi manusia saja, namun juga makhluk gaib di sekitarnya. Tidak mengindahkan peraturan atau norma adat juga sering kali menjadi penyebab hilangnya seseorang saat di gunung. Untuk itu, sobat GetInfoo perlu menjaga etika dan mematuhi segala peraturan yang disarankan oleh pihak basecamp. Saat mendaki, pastikan juga tenda laki-laki dan perempuan terpisah agar orang tua tidak khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  1. Jangan Mengeluh Setelahnya
    Mendaki gunung tentunya membuat lelah, badan sakit, punggung hingga pundak nyeri dan kaki pegal, layaknya seperti orang pertama kali menguli bangunan. Tidak mengeluh sepulang mendaki juga menjadi hal yang penting jika sobat GetInfoo berencana melakukan pendakian lagi ke depannya. Banyak orang mengesampingkan hal ini, setelah mendaki menjadi bermalas-malasan karena seluruh badan terasa sakit dan pegal, diperintah orang tua tidak dilaksanakan, dll. Akhirnya orang tua akan menyuruh sobat GetInfoo untuk tidak lagi mendaki. Kalau sudah begini, sobat GetInfoo akan kesulitan mendapatkan izin lagi untuk mendaki. Jadi, usahakan jangan mengeluh di depan orang tua.

Itulah beberapa siasat yang perlu dipersiapkan sebelum meminta izin kepada orang tua untuk mendaki, semoga bermanfaat. Tetap utamakan SOP pendakian juga peralatan ya sobat GetInfoo, stay safe.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *