Penulis : Maretha Rahamanda Pinartyan
Editor : Fauziah Akmal
Foto : Solopos.com

Surakarta – Kelas internasional akan dibuka Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Dekan Fakultas Teknik UNS, Dr. Techn. Ir. Sholihin As’ad menyampaikan pembukaan kelas internasional tersebut melalui Forum Group Discussion (FGD), Jumat (15/10/2021).

Melansir dari Solopos.com, terdapat dua alasan besar untuk membuka kelas internasional. Pertama, Fakultas Teknik UNS berupaya mengemban visi misi UNS, fakultas, dan program studi (prodi) menjadi lembaga pendidikan berkelas internasional dengan berlandaskan nilai budaya nasional.

“Kedua, kami melihat perkembangan masyarakat yang semakin terbuka dan global. Ada mobilitas tinggi antara komunitas, masyarakat, dan universitas. Pembukaan program diharapkan menjadi ruang memadai sehingga mobilitas ini bisa berjalan. Setidaknya dari Atma Jaya sudah buka 22 tahun, ITB, Undip, ITS bahkan UMS sudah terlebih dahulu membuka kelas internasional. Itu sebagai contoh supaya kita bisa bergerak maju,” tutur Sholihin As’ad saat FGD.

Sholihin menambahkan, “Jumlah mahasiswa teknik di Indonesia lebih dari satu juta, kalau mahasiswa internasional mungkin beberapa saja. Saya berharap UNS berpartisipasi di sini. Kita baru mulai butuh waktu, sesuatu tidak langsung jadi dan butuh proses. Kami dari FT berharap mulai dua dulu, nanti baru melangkah ke prodi lain.”

Dalam FGD tersebut, Fakultas Teknik (FT) berencana menjadikan dua prodi di FT menjadi pilot project dalam pembukaan kelas internasional. Fakultas Teknik juga mendatangkan beberapa narasumber untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman. Adapun narasumber tersebut ialah Dr. Helen Julian dari Institut Teknologi Bandung (ITB); Bhimo R. Samudro, Ph.D. yang merupakan Kepala Prodi S-1 Ekonomi Pembangunan UNS; Harijanto Setiawan, Ph.D. dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY); serta Irwan Trinugroho, Ph.D selaku Direktur Kerja Sama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS.

“Pioneer-nya dari dua prodi dulu, yakni Teknik Sipil dan Teknik Kimia. Kami berharap, nanti bisa bertambah hingga seluruh prodi di FT membuka kelas internasional. Semoga dalam 5-6 tahun ke depan,” tambah Sholihin

Melalui FGD, ia berharap setiap prodi di FT UNS Surakarta setidaknya mempunyai kerja sama dengan 7-10 universitas di luar negeri dalam tempo 5 tahun ke depan. Hal ini untuk mendukung internasionalisasi prodi, fakultas, dan universitas. Saat ini, dari tujuh prodi jenjang sarjana di Fakultas Teknik UNS Surakarta ada dua prodi yang telah terakreditasi internasional, hal ini menjadi salah satu modal utama dalam membuka kelas internasional.

Sumber : https://www.solopos.com/fakultas-teknik-uns-siap-buka-kelas-internasional-minat-1175899?utm_source=sidebar_desktop

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *