Penulis: Nila Kartika Sari
Editor: Miftah Nur Fauziah
Foto: Antaranews.com

Squid Game, sebuah drama Korea terbaru yang rilis dan tayang di Netflix pada 17 September 2021.

Drama ini ramai diperbincangkan khalayak umum dan media sosial.

Drama ini dibintangi oleh Lee Jung-Jae sebagai Seong Gi-Hun, Wi Ha-Joon sebagai Joon-Ho, Park Hae Soo sebagai Cho Sang Woo, Jung Ho Yeon sebagai Kang Sae-Byeok, Lee Yoo Mi sebagai Ji-yeong, Yeong-Su Oh sebagai Oh Il-Nam, dan pemain lainnya.

Melalui Squid Game, sutradara Hwang Dong-Hyuk mengemas pahit kehidupan melalui permainan tradisional Korea era 70-80an. Hal ini membuat para pemain dan penonton bernostalgia akan permainan masa kecil. Beberapa permainan juga tidak asing di telinga masyarakat Indonesia seperti tarik tambang, kelereng, dan lampu hijau jalan lampu merah berhenti hampir mirip dengan permainan benteng.

Mengisahkan tentang permainan bertahan hidup dengan hadiah uang 45,6 miliar won untuk siapapun yang bisa bertahan sampai akhir, terdapat 456 pemain yang datang dari berbagai daerah di Korea serta dengan keadaan ekonomi yang sulit dan tertekan dalam berbagai aspek masalah hidup. Dalam drama, diperlihatkan berbagai sifat asli manusia jika harus dihadapkan dengan uang dan kesenangan dunia yang rela mengorbankan apapun demi kemenangannya.

Drama ini dimulai dengan memperlihatkan seorang laki-laki pengangguran dan memiliki kesialan hidup Bernama Gi-Hun. Di tengah keputusasaan itu, Gi-Hun mendapat secercah harapan. Saat itu, seorang pemuda memberikannya tiket masuk sebuah permainan dengan hadiah uang yang sangat banyak. Tanpa pikir panjang akhirnya Gi-Hun langsung tertarik dan mengikuti permainan tersebut.

Gi-Hun dan 455 orang yang bernasib sama dengannya dikumpulkan di suatu tempat rahasia dengan sejumlah petugas yang selalu mengawasi. Ketegangan dimulai saat permainan pertama dimulai, para peserta terkejut mengetahui bahwa nyawa mereka menjadi taruhan dalam permainan.

Meskipun begitu, pulang bukanlah solusi yang terbaik pada akhirnya mereka akan dihadapkan oleh kekejaman hidup. Hal ini mengharuskan mereka melanjutkan permainan mematikan tersebut.
Satu demi satu permainan dilakukan, tampak sikap licik dan serakah manusia demi memenangkan permainan, mereka melakukan tindakan gila dan menghilangkan rasa kemanusiaannya. Para peserta mulai berguguran hingga menyisakan Gi-Hun dan Sang Woo teman masa kecilnya.

Keduanya akan bermain permainan terakhir yang bernama Squid Game, dimana mereka akan bertarung hingga salah satunya mati. Gi-Hun pun memenangkan permainan. Ia pun pulang dengan membawa semua barangnya dan sebuah kartu ATM yang berisi uang 45,6 miliar won.

Meskipun begitu, Gi-Hun tak mendapatkan kesenangan. Memiliki banyak uang tidak membuat hidupnya bahagia malah sebaliknya penuh dengan penyesalan. Mengingat kematian orang-orang yang mati sia-sia terutama Sang Woo. ia juga menemukan ibunya sudah meninggal dunia tanpa dirinya disisi terakhir ibunya. Hal ini membuat hidupnya berantakan. 1 tahun berlalu, ia kembali menerima kartu tiket permainan yang bertuliskan tempat yang harus ia datangi.

Disebuah kamar terlihat kakek Il-Nam terbaring lemas, ternyata dalang dalam permainan itu adalah kakek Il-Nam. Ia ingin memiliki kenangan masa kecil sebelum meninggal dengan mengadakan permainan tradisional dan membantu orang-orang dalam melunasi hutang. Hal ini membuat Gi-Hun marah besar pada kakek Il-Nam, yang menjadikan nyawa sebagai bahan mainan. Saat itu juga kakek Il-Nam meninggal dunia.

Akhirnya, Gi-Hun mulai menata hidupnya kembali dengan membantu keluarga dari teman-temannya.

Film ini berakhir dengan bertemunya Gi-Hun dengan pemuda misterius yang memberikannya tiket permainan.

Akhir drama menggantung. Apakah ini menandakan akan adanya serial drama Squid Game season 2?

Squid Game memiliki pesan yang mendalam terkait kehidupan. Menyadarkan kita bahwa uang dan kesenangan dunia bukan inti kebahagiaan melainkan kasih sayang dari orang yang kita sayangi dan bagaimana kita mensyukuri segala jalan kehidupan menjadi kebahagiaan yang sejati. Mulailah dengan belajar manajemen penghasilan dan menghargai sesama manusia. Dalam drama ini penonton akan melihat banyak adegan yang tidak masuk akal selama menonton sehingga mampu membangkitkan emosional Anda.

Pemilihan pemain juga menjadi keunggulan dalam drama ini. Mereka sukses menyampaikan pesan dalam drama kepada penonton. Berbagai sifat manusia muncul dalam drama ini seperti kebaikan Gi-Hun kepada kakek Il-Nam, hubungan manis antara 2 wanita, Ji Yeong dan Kang Sae Byeok, serta kelicikan dan keserakahan Jang Deok Su dan Cho Sang Woo. Sehingga membuat drama ini tampak real terjadi dikehidupan.

Meskipun drama ini menarik perhatian khalayak umum, tetapi drama ini tidak diperuntukan untuk ditonton anak-anak. Sebab banyak adegan kekerasan, perkataan kasar, dan tindakan tidak pantas lainnya.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20210923153228-220-698526/review-serial-squid-game

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *