Penulis: Risa Evita Yunita Sari
Editor: Dea Erma Sintya
Foto: Kompas

Melansir dari KOMPAS.com, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengharapkan untuk dibukanya kembali penerbangan internasional ke Bali, guna memulihkan perputaran ekonomi di daerah tersebut.

Jadwal penerbangan internasional akan dibuka pada 14 Oktober mendatang di Bandara Udara Ngurah Rai Bali.

Luhut mengingatkan bahwa pembukaan penerbangan internasional dilakukan dengan hati-hati dan jangan kendor dalam menaati protokol kesehatan walaupun kasus sudah menurun.

“Pembukaan penerbangan internasional Bali yang akan dilakukan pada pekan ini diharapkan mampu untuk memulihkan ekonomi Bali secara bertahap yang masih jauh di bawah kondisi pra pandemi” jelasnya dalam konferensi pers, Senin (11/10/2021).

Sebab, penambahan kasus yang terjadi di lapangan meski telah mendapat berbagai intervensi masih belum berada di bawah satu persen.

“Tapi kita berharap dalam Minggu ini akan di bawah satu” kata Luhut.

Luhut menambahkan, bahwa Presiden Joko Widodo meminta untuk segera mempersiapkan rencana pembukaan penerbangan internasional di Bali dengan maksimal. Serta harus dilakukannya simulasi terlebih dahulu sebelum benar-benar dibuka. Selain itu, kedatangan Warga Negara Asing (WNA) di pintu masuk harus diperhatikan dengan sangat ketat.

“Pertamanya izin karantina harus dikirim dan transparan, dan target capaian vaksinasi juga harus dikejar,” ujar Luhut.

Ia juga menambahkan bahwa pemberian izin WNA masuk melalui Bali diberikan selama memenuhi ketentuan dan persyaratan mengenai karantina, test, dan kesiapan satuan tugas.

Referensi : https://nasional.kompas.com/read/2021/10/11/17121591/luhut-harap-pembukaan-penerbangan-internasional-ke-bali-bisa-pulihkan

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *