Penulis: Prisca Martha Kusumaningrum
Editor: Fauziah Akma
Foto : Prisca/Getinfoo

Wonogiri – Surga tersembunyi di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, adalah Pantai Karang Payung. Pantai Karang Payung berjarak sekitar 70 kilometer ke arah selatan dari pusat Kabupaten Wonogiri, tepatnya terletak di wilayah Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito.

Pantai ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya, karena akses jalan yang belum memadai. Untuk menuju pantai ini, pengunjung harus melewati jalanan yang berkelok-kelok dan bebatuan. Pengunjung terlebih dahulu jalan kaki melewati jalan setapak sejauh kurang lebih 500 meter dari tempat parkir kendaraan. Pengunjung akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp5.000 per motor.

Rasa lelah akan langsung terbayarkan setelah melihat panorama yang disuguhkan oleh pantainya.

Pengunjung bisa melihat 2 tebing karang yang tegak lurus menjulang tinggi dan eksotis. Tinggi tebing karang tersebut berkisar antara 30-40 meter, panjangnya berkisar 80-100 Meyer di tepi pantai. Di bawah tebing terdapat rongga yang memanjang, sehingga mirip seperti bentuk payung.

Namun, Pemerintah Daerah setempat belum membuka secara resmi pantai ini. “Walaupun dari pihak Bupati Wonogiri belum membuka secara resmi pantai ini, akan tetapi pantai ini sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat, khususnya untuk yang bertempat tinggal aslinya Wonogiri ataupun luar Wonogiri,” tutur Didin, salah satu pengunjung di pantai tersebut.

“Jika pengunjung sampai di pantai ini, maka tidak akan pernah menyesal, karena pantainya yang masih sangat bersih dan pasirnya pun jika dilihat seksama akan terlihat kayak warna putih bersih” jelas Didin kembali.

Pantai dengan pasir putih yang halus dan bebas dari sampah ini, membuat pengunjung nyaman berjalan di atasnya. Ternyata, pasir pantai memiliki manfaat bagi tubuh.

Dilansir dari Liputan6.com, berjalan di pasir pantai akan membakar lebih banyak kalori. Dibutuhkan energi lebih untuk mengangkat kaki yang sedikit tenggelam ke dalam pasir saat berjalan. Selain itu, scrub alami dari partikel pasir pantai dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit bernapas.

Ombak yang menghantam tebing-tebing dan bebatuan mengeluarkan suara yang dapat menenangkan pikiran. Mengutip Liputan6.com, William Dorfman, seorang profesor psikologi di Nova Southeastern University, suara ombak yang pecah di bebatuan akan membuat otak menjadi rileks dan merangsang produksi serotonin dan dopamin yang terasa menegangkan dalam tubuh.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *