Penulis : Aqila Tazkia
Editor : La’ali Nur

Foto : Hipwee

Jika kamu mahasiswa, hidupmu pasti tidak akan jauh-jauh dari urusan ketik-mengetik. Tugas seperti makalah, laporan, artikel hingga skripsi semuanya harus kamu selesaikan dengan mengetik. Jumlah kata dalam karya tulis pasti tidak sedikit dan itu pasti membuatmu malas mengetik karena membutuhkan waktu yang lama, terutama jika skill mengetikmu pas-pasan.
Mengetik cepat 10 jari bisa membuatmu lebih produktif dan tugasmu bisa selesai lebih awal, tentunya kamu bisa segera rebahan. Mengutip dari my24hours.net, kamu bisa menghemat 21 hari setiap tahunnya hanya dengan mengetik lebih cepat. Tiga minggu yang bisa kamu alokasikan untuk rebahan lebih lama sambil scroll sosmed untuk stalk si dia, ups!.
Tidak perlu susah-payah mengeluarkan kocek untuk membayar juru ketik ataupun ikut les mengetik. Kamu bisa melakukan tips-tips berikut untuk meningkatkan kecepatan mengetikmu.

  1. Posisikan tubuh dengan tepat
    Pertama dan yang utama adalah, jangan membungkuk. Usahakan untuk menggunakan stand holder atau meja supaya posisi laptopmu menjadi lebih tinggi. Sehingga kamu bisa menatap layar dengan lurus dan tanganmu bisa menjangkau keyboard dengan nyaman serta tidak pegal.
  2. Kenalkan jari-jarimu dengan homerow-nya
    Lihatlah keyboardmu dan kamu akan menemukan tonjolan pada huruf F dan J. Tonjolan itu yang akan menjadi homerow atau rumah untuk telunjuk kanan dan kirimu. Posisikan telunjukmu disana lalu taruh jari-jari yang lainnya secara berurutan pada huruf-huruf disebelahnya. Khusus untuk ibu jari, posisikan keduanya di tombol spasi.
    Jika sudah terbiasa dengan tombol homerow, nantinya jari-jarimu akan mudah bergerak ke huruf-huruf yang lain. Perlu diingat, jari telunjuk memegang tombol huruf paling banyak daripada jari-jari yang lain.
  3. Lakukan secara urut dan pelan-pelan
    Tidak perlu terburu-buru menulis satu kata secara benar. Awali dengan mengulang-ulang setiap huruf satu per satu sampai jarimu hafal letak huruf-huruf tersebut. Misalnya, kamu mengetik huruf F dan J secara bergantian selama 1-2 menit sampai kamu terbiasa. Barulah selanjutnya mengetik huruf D dan K, dan seterusnya.
    Jika hafalan posisi hurufmu sudah selesai, kamu bisa mulai mengetik kata-kata yang mudah. Kamu bisa meminta temanmu mendikte kata-katanya, atau meminta bantuan Google Assistant. Seiring waktu, jumlah kata yang bisa kamu ketik akan bertambah.
  4. Usahakan untuk tidak melihat keyboard
    Kunci dari mengetik cepat 10 jari adalah tidak melihat keyboard. Fokuslah menatap layar dan biarkan jarimu yang bergerak mencari huruf-huruf yang akan kamu ketik. Awalnya akan terasa sulit dan lama, tapi kamu hanya perlu terus melatihnya sampai jarimu terbiasa dengan kerja tombol.
  5. Fokus pada akurasi
    Tidak melihat keyboard tentu membuatmu sulit untuk menekan huruf yang benar. Tidak apa-apa. Ingat untuk lakukan pelan-pelan, dan ulangi jika masih melakukan kesalahan. Akurasi akan sangat menghemat waktu mengetikmu. Kamu akan mudah mengetik satu kata ke kata berikutnya, dan tulisanmu bisa cepat selesai.
  6. Practice makes perfect
    Tips terakhir ini adalah poin penentu. Ya!, berlatih. Keahlian apapun yang kamu pelajari akan sukses kamu kuasai jika kamu mau terus berlatih. Jadi, luangkan waktumu paling tidak 15 menit per hari untuk melatih kecepatan mengetikmu. Buatlah target-target kecil setiap harinya dan pastikan kamu juga mengecek kemajuan yang kamu dapat disetiap latihan.
  7. Gunakan typingclub.com
    Jika kamu kesulitan untuk berlatih secara mandiri, kamu bisa langsung kunjungi website Typingclub.com. Mereka akan membantumu berlatih secara intensif dan tentunya gratis, kamu hanya perlu siapkan kuota dan jaringan yang stabil.
    Jadi tunggu apa lagi?, segera berlatihlah setelah membaca artikel ini. Selamatkanlah 21 hari berhargamu untuk tahun ini dengan mengetik cepat 10 jari

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *