Penulis: Wahyu Ragil S.
Editor: Fauziah Akmal
Foto: Detik.com

SRAGEN – Museum Sangiran yang terletak di Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen, merupakan situs yang dinobatkan sebagai Warisan Budaya Dunia. Museum Sangiran sempat ditutup karena melonjaknya kasus positif Covid-19. Pada pertengahan bulan April yang lalu, museum ini dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun dalam jangka beberapa bulan, museum ini ditutup lagi.

Melansir dari Solopos.com, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sragen dan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran menggelar simulasi untuk pembukaan museum yang dilaksanakan pada awal September 2021. Berbagai persiapan telah diuji dan tinggal menunggu hasil dari Dispora Jawa Tengah (Jateng).

“Terkait uji coba pembukaan Museum Sangiran, kami masih menunggu hasil rapat hari ini di Provinsi, Ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sragen, Yusep Wahyudi, kepada Solopos.com, Senin (4/10/2021).

Lebih lanjut Yusep Wahyudi mengungkapkan dalam simulasi pembukaan masih ada sejumlah kekurangan yang harus diperbaiki, salah satunya adalah penggunaan aplikasi peduli lindungi. Aplikasi ini sudah diamanatkan dalam intruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) maupun dari Bupati Sragen. Aplikasi ini rencananya akan diterapkan dalam uji coba pembukaan Museum Sangiran tersebut. Sebagai salah satu syarat pengujung museum yang sudah di vaksin.

Sesuai intruksi Mendagri, obyek wisata merupakan tempat umum yang bisa dibuka saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua. Uji coba pembukaan Museum Sangiran nantinya bisa menjadi tolak ukur bagi objek wisata lain yang ada di Kabupaten Sragen.

Sumber : Solopos.com
https://m.solopos.com/siap-siap-museum-sangiran-segera-dibuka-lagi-dengan-prokes-ketat-1166381

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *